Cara Merawat Karpet Mobil


Karpet mobil merupakan salah satu bagian vital yang dapat mempengaruhi penampilan mobil. Bahkan beberapa calon pembeli melihat kebersihan karpet dan menjadi pertimbangan dalam menentukan harga penawaran.

Fungsi dari karpet mobil adalah untuk menyerap udara lembab, air, tetesan hujan, debu atau air AC yang bocor sehingga kabin mobil tetap kering dan terhindar dari korosi. Akan tetapi jika dibiarkan terus menerus menyerap air dan tidak dijaga kebersihannya, maka karpet bisa menimbulkan lembab didalam kabin. Untuk itu merawat dan menjaga kebersihan karpet mobil harus sering dilakukan secara rutin.

Biasanya karpet mobil terbuat dari bahan karet (rubber), bahan kulit sintetis dan beludru. Karpet mobil dari bahan karet dipilih karena lebih mudah dibongkar pasang sehingga mudah untuk dicuci dan lebih praktis. Karena terbuat dari karet dan tidak tembus air maka karpet jenis ini tidak menyerap tumpahan makanan berkuah atau minuman yang jatuh, yang biasa menyebabkan bau tidak sedap dalam ruangan mobil. Untuk karpet mobil dari bahan kulit sintetis dipilih karena harganya lebih murah dan bahannya lebih lentur dan fleksibel. Pemasangan karpet dari kulit sintetis lebih permanen sehingga tidak perlu repot untuk bongkar pasang. Kelebihan jika menggunakan karpet berbahan kulit sintetis adalah interior mobil terlihat lebih elegan.

Agar Anda tidak salah dalam memilih karpet mobil ketika membeli, maka hal yang perlu diperhatikan adalah aroma, bentuk dan motif, warna, konstruksi, bahan serta elastisitas. Karpet yang masih baru biasanya memiliki aroma yang tajam. Pilihlah karpet yang tidak terlalu tajam aroma baunya. Jika aroma karpet terlalu tajam, akan menggangu konsentrasi pengemudi. Bentuk dan motif karpet akan sangat mempengaruhi kemudahan pemasangan dan ketika dibersihkan. Jangan pilih karpet yang memiliki motif terlalu rumit, karena justru akan menampung kotoran dan sulit untuk dibersihkan. Warna karpet juga akan mempengaruhi penampilan interior mobil Anda. Pilihlah warna karpet yang sesuai dengan warna interior dan warna yang tidak mudah luntur seperti abu-abu, hitam atau cream. Warna gelap juga dapat menyamarkan kotoran yang menempel dikarpet. Selanjutnya pilih karpet yang memiliki bahan dan konstruksi yang mudah menyerap air.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah bagaimana Anda sering membersihkan karpet mobil tersebut. Berikut beberapa tips dalam membersihkan karpet mobil :
  • Keluarkan karpet dengan perlahan, selanjutnya buang sisa-sisa kotoran. Jika karpet terlalu kotor maka cuci karpet dengan menggunakan sikat dan sabun deterjen secara merata.
  • Setelah bersih kemudian karpet dijemur. Jangan menjemur karpet langsung dibawah terik matahari karena warna karpet akan menjadi kusam. Untuk karpet yang berbahan karet dan kulit sintetis maka karpet dijemur ditempat yang berangin, sedangkan karpet berbahan beludru harus menggunakan vacuum cleaner dan dibersihkan dengan lap basah.
  • Pada saat sedang menjemur karpet, lakukan pembersihan dasar kabin dengan menggunakan vacuum cleaner untuk memudahkan pembersihan di bagian-bagian yang sulit dijangkau.
  • Lakukan secara rutin pembersihan karpet dengan sabun setiap 6 bulan sekali.
Selain tips diatas, Anda juga dapat menanyakan kepada penjual karpet mobil atau kepada sales mobil ketika Anda pertamakali membeli mobil.




1 comment: